Sabtu, 22 November 2008

Customer Satisfaction

Ada 3 (tiga) hal yang dapat menjadi prioritas bagi kita seorang marketer untuk kepuasan pelanggan, yaitu :

Excellent Services
Brand Value
Quality of The Product

Kalau boleh saya jelaskan satu persatu apa yang saya sebutkan diatas adalah, yang pertama, kenapa services saya tempatkan di bagian pertama?...karena services adalah hal yang vital bagi customer dan masalah pelayanan adalah simbol dari interaktif di antara perusahaan dan customer, bila baik maka positioning di benak customer tentang perusahaan kita akan baik pula, bila buruk maka yakinlah bahwa customer tidak perlu kita beri insentif untuk membicarakan hal tersebut kepada orang lain dimana hal tersebut akan merusak brand kita.

Yang kedua, brand value sangat penting karena hal yang terpenting setelah services adalah sebuah brand yang dapat dipercaya oleh khalayak ramai dimana akan memudahkan kita sebagai marketer untuk memasarkan.

Ketiga, quality of the product, kenapa?...walau zaman sekarang every business is a services business (setiap usaha adalah usaha pelayanan) tetap saja masalah produk yang memiliki kualitas baik yang akan memuaskan customer, misalnya sebuah barang yang bisa diukur kualitasnya maupun sebuah pengalaman “ngopi” ala Starbucks yang sesuai tagline mereka adalah “the real coffee experience” dan starbucks memposisikan diri sebagai tempat “ngopi” ketiga setelah rumah dan kantor.

Oleh karena itu ketiga hal ini merupakan hal yang patut diprioritaskan oleh kita agar kepuasan pelanggan jangan hanya menjadi simbol perusahaan belaka. Bagaimana menurut anda?...

Tidak ada komentar: