Sabtu, 03 Januari 2009

MARKETING MIX ≠ It’s A Simple Marketing

Marketing Mix, merupakan formula yang dikemukakan oleh Jerome McCarthy yang menyimpulkan bahwa Marketing adalah 4 P’s. 4 P’s ini terdiri dari Product, Price, Place, dan Promotion, atau Produk, Harga, Tempat, dan Promosi. Walau saat ini Marketing telah melalui proses dan perubahan yang ekstrim, seperti situasi, kondisi, dan pasar yang berubah-ubah sampai para “Marketer” pun sulit memprediksi apa yang akan terjadi di pasar masa depan.

Maka dari itu kita sebagai Marketer tidak perlu berfikir dengan rumus Marketing yang sulit-sulit, cukup menerapkan Marketing Mix yang baik dan “agak beda” (harus punya diferensiasi), mulai dari memformulasikan 4 P yang sesuai dengan perusahaan kita, meneliti (lewat internet, blog, pooling, forum, dll) yang mudah, serta mengaplikasikan atau menjalankannya.

Product, adalah Value yang kita tawarkan berikut service-nya. Price merupakan Cost yang dikeluarkan customer yang harus sesuai dengan Value dari Product yang ditawarkan. Place adalah infrastructure yang harus dibangun sesuai dengan Product dan Price. Ketiga hal ini (Product, Price, dan Place) adalah Content yang kita miliki. Kemudian Promotion adalah Context atau cara yang sesuai untuk mengkomunikasikan Product, Price, dan Place kita.

Setelah kita mendapat keempat formulasi tersebut yaitu Marketing Mix atau 4 P yang sesuai dengan yang kita tawarkan, kita bisa memposisikan diri melalui feedback yang diberikan customer kepada kita, karena kita tidak mungkin membuat positioning yang nyata terlebih dahulu sebelumnya, seperti “Uniquely Singapore” para pelancong akan menemukan bahwa Singapore itu unik setelah mereka merasakannya. Pihak Singapore pun bisa membuat tagline seperti itu juga tidak main-main. Hal itu harus melalui proses yang panjang, walau kita harus bisa memformulasikan positioning ini sesuai dengan corporate culture atau budaya yang kita miliki, dan hal itu (positioning) hanya tinggal menunggu waktu dimana customer-lah yang akan memberitahukan posisi kita ini ada dimana. Fokus dan terapkan dengan konsisten Marketing Mix anda.

So, just re-mix your Marketing Mix…

Tidak ada komentar: